Rabu, Agustus 20, 2008

Bakso Goreng

Wahh kali ini gw ngepost borongan niy, biasa deh, kmaren-kmaren lagi gak sempet ngepost, di klien teruss... Sorry ya Fun, tuh panci burik jadi nangkring di atas mulu, tapi kali ini juga cuma ngepost resep neyy... ceritanya menyusul yaa, dikejar deadline juga, fiuhhh... susah yaa kalo jadi kuli :D.... tapi tandanya kita masih punya pekerjaan dan pendapatan yaa.. syukur aja deh sama Tuhan hehehe...

Nah kalo resep yang ini emang udah pengen gw coba, karena Rudi suka banget sama yang namanya bakso goreng, entah dimana aja, kalo liat bakso goreng, matanya bukan ada bayang-bayang dollar kayak paman gober, tapi ada bayang-bayang bakso goreng di bola matanya, hihihi... Semenjak itu, suka nerka-nerka, itu bikinnya gimana yaaa.... ehhhh lagi blogwalking ktemu tuh resep bakso goreng di blognya Esther... thx yaaa...

Kebetulan abis bikin kuotie, adonannya masih sisa, tapi tangan dah pegel ngadonin kulit jadi deh, dijadiin bakso goreng ajah....


Bahan:
1/2 kg babi cincang/ayam cincang
1/4 kg udang cincang
1kg tepung sagu
3 butir telur ayam, kocok lepas
8 siung bawang putih, haluskan
1sdt merica
1sdt garam
1sdt gula pasir
1sdm kecap asin ikan

Cara membuat:
1. Aduk rata semua adonan hingga rata
2. Bulatkan membetuk bakso ukuran agak besar
3. Goreng di dalam minyak hingga terendam, dengan api kecil
4. Bila bakso sudah agak kaku dan berwarna coklat keemasan, angkat, tiriskan

Sajikan dengan saos sambal botolan

Tips:
1. Goreng bakso dengan minyak panas hingga terendam dan dengan api kecil, karena bila api nya kebesaran, bagian bakso telah coklat tetapi bagian dalam bakso masih mentah dan belum mekar. Jadi menggoreng bakso goreng harus sabar, bila ingin cepat matang, buat bakso dalam ukuran yang tidak terlalu besar.
2. Bila ragu dengan rasa adonan, goreng sedikit, angkat, cicipi, bila kurang bumbu bisa ditambahkan pada adonan, sebelum dibulatkan menjadi bentuk bakso.

9 komentar:

sakuralady mengatakan...

cobain ah pas pesta.. hihihi..
pengen bikin mpek2, tapi susah yaaa.. biasa tanteku bikin mpek2 ama bakso goreng barengan gitu. :P

Alvina mengatakan...

wihhh mpek-mpek, mau donk... ngences niy ;p

Fun mengatakan...

wuaaaaahhh.. gw doyan nih yang namanya bakso... kayaknya enak deh vin... bagiiiii :)

cicha mengatakan...

wah baso babi fave gw nih... jd pengennn Vin hehehe..

Alvina mengatakan...

@Fun: Bisa gak yaa dikirim?? hehehe nanti deh yaa kalo maen ke Jkt, gw bikinin, tp soal rasa jgn ngambek yaa kalo gak sesuai dgn harapan :D

@Cicha: Hi Cicha... cobain bikin deh, gak susah kok :D

naki mengatakan...

gw biasanya menikmati ini kalo lagi imlek aja vin ^0^

Alvina mengatakan...

@Naki: Minta bikinin nyokap dunk ;p

Pitshu mengatakan...

wooo... suruh mama bikinin ah!

eh kalo pakai daging bagi yang minyak atau campur2 ?!

Alvina mengatakan...

Pit, gw siy pake daging paha....