Selasa, Agustus 05, 2008

Jalan-jalan Ke Pasar Baru

Kmaren sore jam 5.15 gw dah cabut dari kantor, harus pulang cepet karena mau mampir ke Pasar Baru, mau ke Toko Melati. Jadi gini, gw direkomen sama apak gw yang shinse untuk minum obat cina buat kesehatan rahim, cara mengkonsumsinya kayak jamu godok gituh dan konon gak boleh digodok di sembarang panci, gak boleh di panci stainless steel atau almunium.... mau beli panci godokan yang dari tanah liat.....denger-denger cepet pecah dan lagi susah juga nyarinya... alternatifnya adalah panci burik yang jadul banget, panci yang jaman opa oma gw dulu... cari punya cari kaga nemu, ada di Diamond Artha Gading tapi adanya tinggal yang segede gede gambreng, kayak udah mau buka warung bakso aja deh gw.... hehehehe... kata nyokap gw siy, di Toko Melati itu siy ada.... Toko Melati itu toko barang-barang rumah tangga yang udah lumayan legendaris..

Berangkatlah gw ke Pasar Baru naik taxi..... untung jalanannya lancar, Rp32ribu melayang demi cita-cita kuw... turun di Jl. Pintu Air ...

Jalan di trotoar tempat berderet toko-toko kain india..., pikiran gw jadi keinget jaman SMP dulu, jaman blom banyak mal, kalo lagi iseng pulang kursus bahasa inggris di Ursula, gw suka ke PB (singkatan keren Pasar Baru), tinggal nyebrang aja, dulu bawa duit Rp20ribu aja rasanya udah seneng banget, itu aja boleh ngumpulin duit jajan.... ke PB cuma sekedar cuci mata, mampir ke Gramedia yang udah lama banget ada di PB, ke sana juga cuma liat-liat, kalo ada yang lucu dan ada duit, baru deh beli... Trus kalo ke PB gw paling seneng beli bando atau apalah yang murah-murah yang ada di kaki lima, deket Metro sana... gw dulu seneng beli bando buat matching in sama rok seragam sekolah, kalo lagi pake putih-putih bando nya putih, kalo lagi pake putih biru pasti pake bando biru dongker, gile yaaa kecil-kecil udah gile matching2in, hihihi...

Di pinggiran trotoar juga banyak banget jajanan tradisional, dari kue cubit, kue pancong, kue ape ijo, buah lontar.... emmm seneng juga sore menjelang malam, jalan-jalan begini... PB gak terlalu rame malah cenderung sepi, karena bukan wiken kali yaa....

Toko-toko sepatu legendaris juga masih berderet disana... dari Canada, Itali, Hongkong, Swiss.... dulu emang sempet ngetrend, nama toko dinamakan dengan nama-nama negara... Salah satu toko itu pernah jadi langganannya oma gw, kata nya siy, saking jadi pelanggan tetapnya sampe-sampe, mobilnya oma gw selalu dikasih parkir tepat di depan toko sepatu tersebut... dulu kan lorong panjang PB itu sempet boleh dijadikan lahan parkir, tapi karena jadi macet lagi semerawut dan untuk kenyamanan para pelanggan maka dibuat seperti sekarang, hanya untuk pejalan kaki, lahan parkir disediakan di tempat tersendiri. Dulu juga kalo ke PB saat hujan repot banget, sekarang lorong PB udah dikasih awning, semacem penutup dari fiber glass gituh..

Hampir menuju Metro di sebelah kiri, ktemu deh Toko Melati nya... masih kaya dulu aja tuh toko, dari dulu toko itu emang selalu rame oleh pengunjung, dulu gw emang suka lewat, tapi gak pernah tertarik masuk.... urusan alat rumah tangga, urusan nyokap gw kali.... gak terasa, gw sekarang yang belanja kebutuhan sendiri di Toko Melati....

Gak nyangka loh, begitu masuk, gw exicited banget.... hehehe... ternyata aura emak-emak sejati udah nempel niy di gw.... liat ini pengen, liat itu pengen....

Pertama gw terkesima dengan sendok sayur stainless kecil.... emmm bisa buat kalo makan sukiyaki niy, kalo pake sendok biasa, suka nyemplung ke kuah sukiyakinya... Emm mau ah satu cuma Rp12.500,- kok dan keliatannya bahannya bagus. 1 sendok sayur udah digengam, eh nemu lagi dengan bentuk yang sama, cuma ada bolong-bolongnya, jadi memudahkan buat ngambil bakso dan daging sukiyaki, tanpa kuahnya... sendok sukiyakinya mirip kayak yang ada di H*n*m*s*, emmm mau juga ah Rp12.500,- juga..

Oh iyaa, tujuan gw ke sini kan mau beli panci burik... liat ke kiri, ke kanan, nah itu ada di rak atas panci nya, gw ambil yang ukuran 26 harga Rp68.200,-, mayan mahal juga yaa... gak apa apa deh...

Deket-deket situ, gw juga ngambil saringan kecil Rp11.000,-, sedang Rp12.500,-, serokan buat tirisin kerupuk Rp12.500,- dan teflon kecil Rp41.000,-... kok jadi banyak yaa, Total 170.200.... hehehe... dasar yaa perempuan, yang niat mau beli apa, jadi nya banyak... itupun karena Rudi udah nelfon, udah nunggu di Jl. Pintu Air tadi... kalo lamaan lagi, gw rasa 400ribu bisa tembus... abiss, gw seneng banget liat barang-barang rumah tangga gitu... Gw ngincer wajan hitam tuh, tapi gw takut diomelin Rudi beli ini itu kebanyakan, lagian di dapur gw udah bingung mau taro dimana lagiy...

Habis bayar, udah lari-lari karena udah ditelp berkali-kali sama Rudi, males dia nunggu kelamaan, tapi teteup beli kue pancong anget-anget dulu Rp6.000,-...... hihihi.... Kalo aja Rudi mau ikut turun, udah gw ajak makan Mie Abun, wakakaka... kemana-mana gak jauh dari makanan deh gw.. :D

Kapan-kapan ke PB lagi ahh.... trus mau ke Toko Melati lagi ah, banyak rak yang belum gw jajakin ;p...

13 komentar:

Felicia mengatakan...

Jadi kangen jalan2 ke PB nih :p
Cocok buka resto deh Vin, apalagi ditunjang peralatan masak yang baru2 ini...hehehe....^_^

Anung mengatakan...

lah itu panci gede pisan atuh tante.. mananya yang kecil?? eh.. apa fotonya aj ya?

Pucca mengatakan...

emang panci burik itu dari apa bahannya vin? kok boleh?

gua juga pernah beli panci yang buat rebus obat sinshe vin, panci kaca dari pyrex :D

Arman mengatakan...

gua paling sebel ke pb. rasanya gak enak aja disono. hehehe.

mendingan ke mangga dua daripada ke pb dah. :D

-mandayandalovetoriq- mengatakan...

aduhhhhhhh mata langsung sakit kali ya kalo gue melancong ke PB Vin? sakit dompet juga kaenya
ckckckkck........seneng deh mampir2 ke sana....selaen jadi nostalgi barang-barangnya juga masi kwalitas bagus ya Vin?

Fun mengatakan...

ooo namanya panci burik yak? dah lama banget ga liat panci ginian..kalo dulu kan banyak tuh yang oma2 masi pake sampe sekarang..kayak piring, gelas...
gw dah lama ga ke PB... entar barengan yuk ke sana :)

Pitshu mengatakan...

kalo yang tanah liad beli na yang bagus, yang khusus emang buat godok obat. emang mahal sih! cuma yah lebih bagus dibandingkan pakai panci ^^

dulu tahun 2002 temen g beli 700rb, itu untuk godok obat yang hasil na cuma semangkok indomie / mangkok ayam. hihihi :D kalo mau gedean lebih mahal lagi! wkakakak... sekarang enggak tau deh harga na berapaan ^^

Cia Yooo..

Sebenarna pai fung yen, setiap hari juga bagus, bikin rahim bersih sehabis dateng bulan dan peredearan darah lancar :D. kata na begitu, tapi g minum pai fung yen, cuma habis M doank! ga setiap hari, itu biar M lancar :D

Alvina mengatakan...

@Felicia: Buka RestOOO??? Mauuuu!!! Tapi kapan yaaa bisa terwujudd??? :D

@Anung: Potonya itu, boleh ngambil di google, abis males poto2 yg benerannya dan emang lbh gede dari yang gw beli....

@Viol: kayaknya terbuat dr bahan enamel deh, Vi... gak ngerti deh, gelappp...

@Arman: Kalo lagi rame dan siang-saiang bolong, emang bikin BT, tapi kalo lagi gak wiken kan gak gitu rame dan sore-sore udah adem, jd enak aja siy... Mangdu?? emmm udah nyoba kalo wiken dan deket2 hari raya di ITC, truss lagi gak ada kepentingan juga, sama lagi bikin BT nya... hihihi Tapi emang siy di Mangdu, barang2nya lbh ok.

@Sofie: Yaaa relatif siy, musti pinter2 milih juga, Sof. Tapi kadang banyak barang yang gak ada di tempat lain.

@Fun: Hayukkk!!! :D

@Pitshu: Duhh mahal bener tuh panci... Pai Fung Yen yaa??? udah sering denger siy tapi, blom pernah minum.

naki mengatakan...

mie abun bukannya yang ada di pancoran kota yaa ?

aduh vin .. nyokap gw juga masi pake koq panci model bgOnoan ^0^

bebek mengatakan...

vin, bisa juga beli slow cooker buwat godog obat

elmo mengatakan...

waaaaa..panci itu..hihi..jadi ingat jama dulu.. gede :D

th3sea mengatakan...

ahhh... gue juga kangen neh sama pasar baru hiks... yuuukkk kesono lagi yuk... yuuuuukkkkkkkk...
sama neh gue juga suka belanja aksesoris2 di pasar baru hihihihi... gue suka ke glodok sama pasar pagi juga. satu hal yang selalu ga pernah lupa kalo ke pasar baru... MIE ABUN hahahaha...

panci burik2 gitu di pasar deket kantor gue ada kok. gue dulu pernah beli buat rebus daun sirih.

Alvina mengatakan...

@Naki: Abun pusatnya di Pasar Baru... Panci itu emang legenda bgt yak ;p

@Bebek: Iya, Bek cuma slow cooker lbh mahal kan dari tuh panci :D

@Elmo: Jaman masih koloran doank yaa?? Hehehehe...

@Dessy: Yuk yuk, jalan2 sambil jajan2 hehehe...