Rabu, September 24, 2008

Cerita Menjelang Libur Lebaran

Liburan Lebaran bentar lagi niy, aroma liburan udah tercium dari kejauhan.... udah terbayang tidur sampe tengah malam, bangun siang, gak mandi, gak gosok gigi seharian, wakakaka, pada enek gak bacanya??? hihihi.....Biasa kalo liburan kan bisa seenaknya, alias hidup kaga karuan...:D

Tapi kok tiba-tiba perasaan gw jadi gak enak yaa??? Apa yang salah yaaa??? Oh iyaa.... gw lupa liburan siy liburan, tapi liburan kali ini kan pembokat gw udah pada pulang kampung, mereka pulang Jumat besok dan kembali hari Minggu tanggal 5 Oktober, artinyaaaa... 10hari tanpa mereka, bukan liburan niy, tapi kerja semi rodii... hiks hiks, biasa jadi nyonyah besar, sekarang apa-apa musti sendiri, hihihi.....

Tapi biar gw gak terlalu repot pas gak ada mereka, ini niy yang gw koordinasikan ke mereka:

1. Ganti seprai lebih awal, biar nanti ganti seprai lagi pas mereka udah balik

2. Kosek kamar mandi dalam, biar sepeninggal mereka gak licin dan tetap bersih

3. Sapu dan pel kamar gw, biar agak nyaman

4. Gw nyusun beberapa menu untuk dimasak sekaligus, mumpung masih ada asisten, trus nanti di taro di kulkas. Nah kalo yang ini supaya gw gak repot masak-masak buat Om nya Rudi... jadi kalo pas si Om mau makan, tinggal panasin aja... jadi tiap hari gw cuma masak nasi di rice cooker doank... Kalo makanan buat gw n Rudi, gampang lah, masih bisa jajan.

5. Gw juga nyuruh pembokat gw buat kupas n irisin bawang merah n putih, taro di kotak makan, jadi kalo mau masak, kan gak repot tuh musti kupas-kupas, iris-iris, jadi kan gw gak usah cuci talenan, cuci pisau, hihihi... gw itung-itungan banget yaa... abis gimana, Rudi bukan tipe yang rela bantuin gw beres-beres, apalagi kegiatan di dapur... ada minyak meletuk-meletuk aja, udah ngibrittt...

6. Belanja telor 1,5Kg, bukan buat bikin kue lebaran loh, tapi buat emergency kalo laper n kepepet, menunya Telor Mata Sapi, Telor Dadar, Telor Orak Arik, Telor Rebus atau Telor Kukus, hahaha.... kayaknya gw berdua Rudi bisa bisulan niy di akhir liburan... ;p

7. Belanja mie instan, abon, yang gampang dikonsumsi, yaa buat selingan diantara menu telor lah... ;p

8. Bersih dan beresin kulkas, kulkas di rumah gw kan lumayan besar, jadi kadang kalo taro-taro apa, gak ada aturannya, semasuknya aja, yang ada kalo mau cari apa-apa, rada susah... nah dengen dibersihin dan diberesin kan, nanti jadi rapih dan gampang nyari sesuatu...

9. Sepatu-sepatu yang biasa disemirin dan diangin-angin pada hari Minggu, hari Kamis besok, juga dikerjain...

10. Bersih-bersih n lap-lap lemari-lemari termasuk lemari dapur, cuci semua tempat sampah, biar rapi n bersih jali gitu...

11. Dan seluruh area yang akan idle seperti, service area (tempat cuci baju, setrika baju), kamar pembantu dan kamar mandi pembantu, udah harus dibersihkan dan dikosek, jadi sepeninggal mereka, tempat itu tetap bersih, jadi gak ngundang yang jorok-jorok denk kayak kecoa, tikus...

Pasti pembokat gw pikir, "ni Ibu, mumpung gw blum dipulang, diperes abis niy, kayaknya, Ibu gak ada kita, mau males-males an banget yaa..." wakakakaka... bener banget tuh :D
Mudah-mudahan dengan persiapan yang 1/2 matang (abis gak yakin) lumayan bisa membantu dan meringankan beban di pembantu infal (sang nyonyah-RED) yaa... hihihi..
Tapi gak papalah, repot-repot setahun sekali, siapa tau bisa kurus (berharap banget)... :D

Dua pembokat gw rencananya juga bakalan balik lagi kerja sama gw, dan tahun depan mereka menginjak tahun ke 3 kerja ikut gw. Mungkin pada bingung ya, kenapa gw mau buang-buang uang memperkerjakan 2org pembokat, yang sebenernya siy 1juga udah cukup banget. Jadi sebelumnya siy, gw selalu pake 1 pembokat aja, tapi rata-rata gak betah karena mereka merasa kesepian.

Di rumah gw cuma ada gw, Rudi n Om nya Rudi yang udah tua banget... Gw n Rudi pergi pagi pulang udah menjelang malam, sedangkan si Om namanya udah tua, jadi gak begitu banyak komunikasi juga, kegiatannya banyak di gereja, trus kalo gak si Om tidur siang... jadi yang ada pembokat gw garing banget kali....

Jadi semenjak itu, daripada pada gak betah, gw cari lah 2 pembokat tapi gw gak bisa cari yang udah pengalaman banget, karena pasti harganya juga beda kan, bisa-bisa budget gaji pembokat bisa berlipat. Gw cari lah 1 yang baru pertama kali kerja, yang 1 lagi udah setahun kerja.... Buat gw gak perlu yang pinter-pinter, yang penting kan jujur, masalah skill kan bisa lah dilatih asal mereka rajin dan mau belajar. Untungnya mereka yaa lumayan bisa lah, apalagi udah 2tahun ikut gw, udah tau kebiasaan dan maunya gw. Enaknya kalo punya 2 asisten, gw bisa jadi nyonyah besar banget, alias cukup koordinasi aja n cek ini itu, trus... kalo pas ada acara di rumah gw, jadi cepet beres... :D

Tapi bener deh kalo gak ada kalian, mungkin hidup gw udah jungkir balik kali... bersih-bersih rumah sendiri, cuci baju sendiri, jemur baju sendiri, setrika baju sendiri, nyapu ngepel sendiri, double job jadi pembokat dan karyawan bisa bikin encok kali.... hihihi....

Terima kasih untuk L n Y, tanpa kalian, NB, TV, DVD Player bakalan gak ada gunanya dehh... :D

13 komentar:

Felicia mengatakan...

...Belanja mie instan, abon, yang gampang dikonsumsi ...
Ini menu waktu gw ngekos Vin...heheheh...

Yulian mengatakan...

sometimes asik juga ga ada maid di rmh, jadi ada privacy sendiri ya. apalagi pas liburan ;)

oke tuh Vin koordinasi acara bersih2nya.

Pucca mengatakan...

hehe..segitunya lu vin. ampe udah susun acara beres2 begitu :D

di rumah gua gak ada pembokat sih, cuma ada pembantu yang datang tiap minggu, jadi gua gak gitu efeklah mudik2 ini :)

luvly7 mengatakan...

point 6 & 7 tuh iyah banaget!!
Hahahahha, pantesan harga telor melonjak naik kalo pas gada pembantu ginih :p

elu gag koleksi menu2 seputar telor?? Telor cabe hijo, telor masak kare, telor masak semur, tapi yang the best, yaaa Indomie pake telor tuuuh Pin :)

Hmm, elu bagus juga yaa planningnya :p

enaknya gada maid, yaa ... kyk comment si Yul tuh Vin :D

Mei Mei mengatakan...

buset deh. pembokat loe amsyonk duluan sebelom pulank vin. wkakakka di peres abis2an ama nyonya rumah xixixi XD tp bole jg ya plannya :D jadi ga ada pembantu, ga gitu ribet :P gue yg mabok nih. mo bersih2 rumah sambil jaga yumi. pu ce tao deh kek gimana jadinya --;

Alvina mengatakan...

@Felicia: Kalo kata laki gw, nasi abon pake kecap nikmat banget, hihihi... laki gw emang ngerti banget deh ;p

@Yulian: Emmm privacy siy buat gw gak gitu jadi masalah, meski ada maid, mereka mah kebanyakan di belakang teruss, nah kalo gw di kamar mulu.. wikikiki...

@Viol: Gw susun begitu, karena belajar dari pengalaman tahun lalu... kalo dicicil dari skarang kan lumayan meringankan lah...

@Olla: La, boleh juga tuh saran lo, koleksi resep telor... tapi musti beneran siap dana kalo bisulan yaa? hihihi...

@Mei: makanya Mei daripada gw yang amsiong, mending mereka nyicil kan... mereka ngerti kok betapa malasnya nyonyah mereka, hahaha :D
Wah kalo kayak lo mah, musti minta bantuan org lain kali, buat bantu bersih2...

Arman mengatakan...

haha nah ini postingan berani tampil beda nih. rasanya di banyak blog yang lain, menjelang lebaran yang ada pada ngeluh tentang pembantu ya... tapi elu malah berterima kasih ama mereka... :)

tapi gua setuju ama lu. emang mesti bersyukur bisa punya pembantu. yah namanya orang, apalagi gajinya cuma segitu, pasti jauh dari sempurna lah ya...

Inge mengatakan...

HoHoHo...jadi inget dulu kalo pas pulkam..trus pas lagi jaman2x ga ada pembantu, ngerasa bukannya seneng malah kerja rodi...
Tapi berhubung aku adalah anak dan cucu termalas plus durhaka sejagat raya...aku molor ampe siang biar ga disuruh nyuci baju sekampung kalo pagi2x.
Mo nyapu, mo ngepel juga setengah mati klo dirumah engkong, belom kebonnya juga -_-...makanya bener2... si bibi adalah penyelamatttt hohoho....

Tapi sejak disini...diriku yg gantian jadi pembokat. Untung rumahnya kecil huhuhu.....

Fun mengatakan...

wuaaah ini mah kayak yang mau lebaran aja, bersih2 rumah sebelum hari H hahahaha :)

Alvina mengatakan...

@Arman: Iya Man, tanpa mereka gw juga kerepotan, meski keliatan pekerjaan mereka simple, tp kalo harus melakukan sendiri, pusing 7keliling juga... jadi dengan kata lain, mereka cukup berarti buat gw :D

@Inge: Gw juga jaman di rumah nyokap, pemalas banget... untung pas di rumah sendiri, ada asisten, hihihi...

@Fun: Iya jugaa ya Fun, cuma bedanya gak ada kue2 di rumah gw, kirimin dunk, hihihihi :D

Pitshu mengatakan...

pitshu juga orang yang ga bisa percaya ini itu sama pembantu sih! makanya sekarang sih ngemeng, g enggak pengen suatu hari nanti pake pembatu. bisa enggak yah ?! hahahaha

naki mengatakan...

gw juga telor maniac vin , abis praktis banget yaa , telor kan bisa dibikin jadi macem2

Alvina mengatakan...

@Pitshu: Wahhh kalo gw milih percaya sm pembantu deh Pit... Pergi pagi pulang udah malem, suruh bersih2, nyuci, ngepel, nyapu lagi siy, gak nyanggup deh... mending energinya buat menghadapi kerjaan di kantor deh ;p

@Naki: Oh yaa, suka telorr yaaa? Gw punya temen tuh yg gila telor banget, tiap makan ada telornya dan selalu di makan belakangan, save the best for last ;p
Lo gak sampe gitu kann???